FLOWCHART
DI
SUSUN OLEH KELOMPOK 1 :
Ø LIZHA HERLIANTY
Ø MELSA DARYATI
Ø IAN SAFIAN
Ø GOVINDA
Ø AYU TRI UTAMI
Ø ALVIN SANI
Ø AZMIN
KELAS : MIF
1B
MATA
KULIAH : ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
DOSEN : SRI WAHYUNI,S.Kom.,MCs
POLITEKNIK
NEGERI SAMBAS TAHUN AJARAN 2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena
dengan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan
makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan khususnya bagi kami tentang “flowchart, dan contoh kasus serta koding flowchart”.
Pada kesempatan ini kami
menyampaikan terima kasih kepada :
1. Ibu
Sri Wahyuni,S.Kom.,M.Cs selaku dosen pada mata kuliah ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN.
2.
Rekan - rekan mahasiswa dan semua
pihak yang telah membantu terselesaikannya papper ini.
kami menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat
membangun kami harapkan demi kesempurnaan papper ini.
Kami berharap papper ini dapat
memberikan manfaat bagi kita semua.
Bab 1
Pendahuluan
Flowchart adalah penggambaran
secara grafik dari langkah-langkah dan
urut-urutan prosedur dari suatu
program. Flowchart menolong analis dan
programmer untuk memecahkan
masalah kedalam segmen-segmen yang
lebih kecil dan menolong dalam
menganalisis alternatif-alternatif lain dalam
pengoperasian.
Flowchart biasanya mempermudah
penyelesaian suatu masalah khususnya
masalah
yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
Batasan Masalah
1.
Pengertian
flowchart
2.
Contoh
kasus dan koding flowchart
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan dapat:
1. Mengerti tentang algoritma
2. Membuat algoritma dari
suatu permasalahan
3. Mengerti tentang flowchart
4. Membuat flowchart dari
suatu permasalahan
Bab 2
pembahasan
PEDOMAN-PEDOMAN
DALAM MEMBUAT FLOWCHART
Bila seorang analis dan
programmer akan membuat flowchart, ada
beberapa petunjuk yang harus
diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari
halaman atas ke bawah dan dari kiri ke
kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan
harus didefinisikan secara hati-hati dan
definisi ini harus dapat
dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan
berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas
harus diuraikan dengan menggunakan
deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG
PAJAK PENJUALAN.
5. Setiap langkah dari aktivitas
harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari
aktifitas yang sedang digambarkan harus
ditelusuri dengan hati-hati.
Percabangan-percabangan yang memotong
aktivitas yang sedang digambarkan
tidak perlu digambarkan pada
flowchart yang sama. Simbol
konektor harus digunakan dan
percabangannya diletakan pada
halaman yang terpisah atau hilangkan
seluruhnya bila percabangannya
tidak berkaitan dengan sistem.
7.
Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.Algoritma
Arti umum adalah serangkaian urutan
langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan
suatu masalah yang disusun secara sistematis.
1. Algoritma adalah inti dari
ilmu komputer
2. Algoritma adalah
urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu
masalah
3. Algoritma adalah blueprint
dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum
membuat program
5. Kriteria suatu algoritma:
·
Ada input dan output
·
Efektifitas dan efisien
·
Terstruktur
Ciri Penting Algoritma
1. Algoritma harus berhenti
setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
2. Setiap langkah harus
didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
3. Algortima memiliki nol atau
lebih masukan.
4. Algoritma memiliki nol atau
lebih keluaran.
5. Algoritma harus efektif
(setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk
akal).
Memprogram dan Bahasa Pemrograman:
1. Belajar memrogram adalah
belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu
notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
2. Belajar bahasa pemrograman
adalah memakai suatu bahasa, aturan, tata bahasanya, instruksi-instruksinya,
tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam
bahasa itu saja.
Notasi Algoritma:
1. Penulisan algoritma tidak
tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya.
Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke
dalam berbagai bahasa pemrograman.
2. Notasi algoritma dapat
berupa:
·
Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Tahapan Pembuatan Program:
1. Mendefinisikan masalah dan
menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan,
fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman
yang digunakan.
2. Merealisasikan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
Contoh:
1.
menganalisis kasus rental cd dan
menentukan suatu variabel apakah variabel tersebut integer atau string:
Data penyewa
Nama : String
Alamat : string
No hp : String
Alamat : string
No hp : String
Cd yang di sewa
Nama CD: String
Kode Cd : integer
tgl_sewa : string
tgl_pengembalian : string
jumlah penyewaan : integer
Kode Cd : integer
tgl_sewa : string
tgl_pengembalian : string
jumlah penyewaan : integer
Stok Cd
Jumlah CD : integer
judul CD : string
Rak_CD : integer
CD tersisa : integer
judul CD : string
Rak_CD : integer
CD tersisa : integer
Data penyewa perbulan
Jumlah penyewa : integer
berdasarkan jenis CD : string
berdasarkan banyak CD : integer
jumlah pengunjung yang menyewa : integer
berdasarkan jenis CD : string
berdasarkan banyak CD : integer
jumlah pengunjung yang menyewa : integer
Pembuatan Flowchart
1. Tidak ada kaidah yang baku
2. Flowchart = gambaran hasil analisa
suatu masalah
3. Flowchart dapat bervariasi
antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4. Secara garis besar ada 3
bagian utama:
·
Input
·
Proses
·
Output
5. Hindari pengulangan yang
tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6. Jalannnya proses
digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7. Sebuah Flowchart diawali
dari satu titik START dan diakhiri dengan End.
Aturan Penulisan Teks Algoritma
1. Judul Algoritma
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang
algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan
oleh algoritma tersebut.
2. Deklarasi
Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama
tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedure, dan fungsi.
3. Deskripsi
Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis
dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.
Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata Algoritma. Begitu
mendengar algoritma mungkin akan membayangkan hal-hal seram dalam matematika
seperti kalkulus. Tenang saja, Algoritma tidak sememusingkan kalkulus walaupun
ia juga bagian dari matematika.
Contoh penulisan koding :
Dan mendapatkan hasil :
BAB III
Penutup
Kesimpulan
Floechart
dapat disimpulkan
Menjadi
bagan-bagan yang dapat menyelesai kan suatu masalah serta mempunyai gambar
dengan menunjukkan alat media input,output serta proses pengolahan data.
Pemecahan masalah tersebut diawali dengan start dan diakhiri dengan end.
share makalah kok ga ada downloadnya..
BalasHapuskunjungi blog ane jug gan.. www.yat95.net
SEMOGA ILMU YANG DAPAT DARI ARTIKEL INI BERMANFAAT
BalasHapusMy blog