FC Barcelona

Minggu, 13 Oktober 2013

Makalah Flowchart

FLOWCHART

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1     :
Ø  LIZHA HERLIANTY
Ø  MELSA DARYATI
Ø  IAN SAFIAN
Ø  GOVINDA
Ø  AYU TRI UTAMI
Ø  ALVIN SANI
Ø  AZMIN
KELAS          :           MIF 1B
MATA KULIAH      :           ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
DOSEN                      :           SRI WAHYUNI,S.Kom.,MCs

POLITEKNIK NEGERI SAMBAS TAHUN AJARAN 2013/2014



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan khususnya bagi kami tentang “flowchart, dan contoh kasus serta koding   flowchart”.
Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada :
1.   Ibu Sri Wahyuni,S.Kom.,M.Cs selaku dosen pada mata kuliah ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN.
2.         Rekan - rekan mahasiswa dan semua pihak yang telah membantu  terselesaikannya papper ini.
kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun kami harapkan demi kesempurnaan papper ini.
Kami berharap papper ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.




Bab 1
Pendahuluan

Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan
urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan
programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang
lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam
pengoperasian.
Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya
masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Batasan Masalah
1.      Pengertian flowchart
2.      Contoh kasus dan koding flowchart



Tujuan Pembelajaran
Diharapkan dapat:
1.  Mengerti tentang algoritma
2.  Membuat algoritma dari suatu permasalahan
3.  Mengerti tentang flowchart
4.  Membuat flowchart dari suatu permasalahan




Bab 2
pembahasan

PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART

Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada
beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke
kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan
definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan
deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus
ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong
aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada
flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan
percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan
seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.Algoritma
Arti umum adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis.
1.  Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
2.  Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3.  Algoritma adalah blueprint dari program
4.  Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5.  Kriteria suatu algoritma:
·         Ada input dan output
·         Efektifitas dan efisien
·         Terstruktur

Ciri Penting Algoritma

1.  Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
2.  Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
3.  Algortima memiliki nol atau lebih masukan.
4.  Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
5.  Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

Memprogram dan Bahasa Pemrograman:

1.  Belajar memrogram adalah belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
2.  Belajar bahasa pemrograman adalah memakai suatu bahasa, aturan, tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa itu saja.

Notasi Algoritma:

1.  Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
2.  Notasi algoritma dapat berupa:
·         Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Tahapan Pembuatan Program:

1.  Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.
2.  Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:



Contoh:

1.      menganalisis kasus rental cd dan menentukan suatu variabel apakah variabel tersebut integer atau string:

Data penyewa

Nama : String
Alamat : string
No hp : String

Cd yang di sewa

Nama CD: String
Kode Cd : integer
tgl_sewa : string
tgl_pengembalian : string
jumlah penyewaan : integer

Stok Cd

Jumlah CD : integer
judul CD : string
Rak_CD  : integer
CD tersisa : integer

Data penyewa perbulan

Jumlah penyewa : integer
berdasarkan jenis CD : string
berdasarkan banyak CD : integer
jumlah pengunjung yang menyewa : integer

Pembuatan Flowchart

1.  Tidak ada kaidah yang baku
2.  Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
3.  Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4.  Secara garis besar ada 3 bagian utama:
·         Input
·         Proses
·         Output
5.  Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6.  Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7.  Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan End.

Aturan Penulisan Teks Algoritma

1.  Judul Algoritma
          Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
2.  Deklarasi
          Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedure, dan fungsi.
3.  Deskripsi
          Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.

Mungkin sebagian dari kita sering mendengar kata Algoritma. Begitu mendengar algoritma mungkin akan membayangkan hal-hal seram dalam matematika seperti kalkulus. Tenang saja, Algoritma tidak sememusingkan kalkulus walaupun ia juga bagian dari matematika.
Contoh penulisan koding :




Dan mendapatkan hasil :


BAB  III
Penutup

Kesimpulan
           

Floechart dapat disimpulkan
Menjadi bagan-bagan yang dapat menyelesai kan suatu masalah serta mempunyai gambar dengan menunjukkan alat media input,output serta proses pengolahan data. Pemecahan masalah tersebut diawali dengan start dan diakhiri dengan end.

2 komentar:

  1. share makalah kok ga ada downloadnya..

    kunjungi blog ane jug gan.. www.yat95.net

    BalasHapus
  2. SEMOGA ILMU YANG DAPAT DARI ARTIKEL INI BERMANFAAT
    My blog

    BalasHapus